Pages

Ravialli - Research Marketing

MARKETING RESEARCH


DEFINISI
Menurut American Marketing Association :
Riset pemasaran adalah fungsi yang menghubungkan konsumen, pelanggan dan public dengan pemasar melalui INFORMASI yang digunakan untuk mengidentifikasi dan mendefinisikan peluang dan masalah pemasaran; menghasilkan,menghaluskan, dan mengevaluasi upaya pemasaran; memantau kinerja pemasaran; dan memperbaiki pengertian pemasaran sebagai suatu proses.
Secara ringkas, Marketing research adalah perencanaan, pengumpulan, dan analisis data yang relevan dengan pengambilan keputusan pemasaran dan mengkomunikasikan hasil analisis ini kepada manajemen.

Klasifikasi Marketing Research


Problem Identification Research
Penelitian dilakukan untuk mengidentifikasi masalah2 yang tak tampak saat ini, namun permasalah tersebut mungkin muncul pada masa yang mendatang.

Contohnya : market potential, market share, image, market characteristics, sales analysis, forecasting, and trends research
Problem Solving Research

Penelitian yang dilakukan untuk menyelesaikan masalah marketing tertentu.

Contoh : segmentation, product, pricing, promotion, and distribution research.

Segmentation research : dengan menentukan dasar segmentasi, market potential, dan mengidentifikasi respon dari segment-segment  tersebut, memilih target market, buat profil gaya hidup seperti demografi, media dan karakteristik image produk yang akan ditawarkan
Product research dengan pengujian konsep, menentukan desain produk yang optimal, pengujian kemasan, modifikasi produk, positioning brand, pengujian marketing dan control score test
Promotional Research terdiri dari menentukan budget promosi yang uptimal, sales promotion relationship, optimal promotional mix, dll.
Pricing Search dengan memperhatikan pricing policies, harga lini produk, elastisitas permintaan harga , dll
Distribution Research dengan menentukan tipe distribusi, perilaku channel, lokasi konsumen/supplier, dll.

Proses Riset pemasaran :

Step 1: Problem Definition : tentukan masalah apa yang ingin diteliti dan dicari solusinya
Step 2: Development of an Approach to the Problem : kembangkan pendekatan yang dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah
Step 3: Research Design Formulation : buat  rencana bagaimana penelitian ini akan dilakukan
Step 4: Fieldwork or Data Collection : pengumpulan data
Step 5: Data Preparation and Analysis : analisis data yang telah dikumpulkan
Step 6: Report Preparation and Presentation : persiapkan laporan
Berikut ini adalah 10 manfaat riset pasar (Market Research) :

1 . Riset pasar menuntun komunikasi Anda dengan pelanggan yang sekarang dan calon pelanggan.

Setelah hasil penelitian didapat , Anda harus memiliki cukup amunisi untuk merumuskan cara yang paling efektif untuk berkomunikasi dengan pelanggan Anda . Anda harus tahu apa yang mereka suka / tidak suka/ ingin mendengar / melihat / lakukan . Kemudian Anda dapat menyesuaikan apa yang Anda katakan kepada mereka untuk membuat mereka mengambil tindakan .

2 . Riset pasar membantu Anda mengidentifikasi peluang di pasar .

Penelitian mungkin membuatnya jelas bahwa produk baru yang telah direncanakan mungkin bukan keinginan dan kebutuhan pasar Anda . Anda kemudian dapat memutuskan untuk membuat modifikasi pada apa yang Anda akan tawarkan yang sesuai dengan audiens Anda .

3 . Riset pasar membantu Anda meminimalkan risiko.

Melalui riset pasar , Anda mungkin dapat menemukan semua informasi yang Anda butuhkan untuk memutuskan apakah akan mengambil tindakan tertentu . Sebagai contoh, Anda mungkin menemukan bahwa lokasi tertentu di mana Anda ingin membuka toko sudah memiliki pasar jenuh dalam bidang usaha Anda , sehingga membuat Anda menahan diri dari membuat keputusan itu dan mencari tempat yang lebih tepat .

4 . Riset pasar mengukur reputasi Anda.

Adalah sangat baik mengetahui bagaimana Anda mengukur terhadap pesaing Anda . Riset pasar hanya tahu di mana Anda berada dan kemudian menurut hasil research, Anda dapat mengambil tindakan untuk mengubah persepsi .

5 . Riset pasar mengungkap dan mengidentifikasi potensi masalah .

Anda bisa mendapatkan reaksi konsumen terhadap suatu produk atau jasa baru ketika masih sedang dikembangkan . Ini harus mencerahkan setiap pengembangan lebih lanjut sehingga sesuai pasar yang dimaksudkan .

6 . Riset pasar membantu Anda merencanakan ke depan.
Penelitian dapat memperkirakan penjualan kemungkinan suatu produk / layanan baru dan juga belanja iklan yang dibutuhkan untuk mencapai keuntungan maksimal .

7 . Riset pasar dapat membantu Anda membangun tren.

Jika Anda memperlakukan riset pasar Anda sebagai latihan berkelanjutan yang Anda lakukan secara berkala , Anda akan menemukan bahwa Anda akan memiliki banyak data untuk dapat menganalisis pelanggan dan membentuk suatu tren tertentu.

8 . Riset pasar membantu Anda membangun posisi pasar Anda .

Sangat penting untuk mengetahui posisi bisnis Anda pada saat-saat tertentu dalam waktu . Informasi dari riset pasar membantu Anda sebagai benchmark dan memantau kemajuan Anda , yang dapat berguna untuk membuat keputusan dan mengambil tindakan .

9 . Riset pasar dapat menentukan yang paling persuasif 'janji'.

Setiap merek perlu membuat janji . Jika Anda berpikir satu merek yang paling terkenal , mereka semua membuat janji untuk Anda dan Anda biasanya tahu apa yang dengan hanya melihat logo mereka . Hal ini dapat keamanan , cepat dan lezat makanan atau jaminan teknologi atas . Perlu penelitian sederhana dan pasar dapat membantu Anda menentukan apa janji merek Anda adalah .

10 . Riset pasar dapat menemukan kompromi.

Tim yang terlibat dalam peluncuran produk / layanan baru semua memiliki persepsi masing-masing dan insting . Ini tentu tidak boleh diabaikan , tetapi dengan pergi langsung ke target audiens , Anda akan mendapatkan pikiran dan pendapat dari orang-orang yang mungkin kurang biasa atau kurang emosional terhadap pembangunan baru atau jasa . Ini membantu mendapatkan sudut pandang baru , mudah-mudahan kompromi dalam hanya bagaimana Anda akan pergi tentang peluncuran baru , merek baru atau reposisi merek .

Singkat kata , riset pasar adalah alat yang sangat berharga yang pada awalnya mungkin tampak mahal dan lambat , tapi itu tidak lebih dari sebuah investasi. 



fokcoy

FokCoy - Kelompok 3 Pengantar Wirausaha dari UNAS PASIM yang beranggotakan 8, Luky Lukman, Handika Caesar, Rizwan Rifaldi, Muhammad Riyadi, Suharto, Ravialy, Hilman,Rizky Bayu, Abdul Hakim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar